TNI AL BERHASIL MENGEVAKUASI JENAZAH KORBAN BENCANA BANJIR LAHAR DINGIN DI PADANG

 

Jalesveva Jayamahe
Jakarta, 14 Mei 2024,— Tim Satuan Tugas Penanggulangan Bencana (Satgas Gulben) yang dikerahkan oleh TNI Angkatan Laut (TNI AL) dalam hal ini Pangkalan Utama TNI AL Lantamal II yang di pimpin Letda Laut (KH) Hario berhasil mengevakuasi satu jenazah jenis pria atas nama AK (58) yang tertimbun tanah di belakang Masjid Jami, Galuang Banuhampu Sungai Pua Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Selasa, (14/05).

Setelah menemukan korban, Tim gabungan yang terdiri dari TNI AL, PMI dan Instansi gabungan lainnya segera mengevakuasi jenazah menuju ke posko selanjutnya dibawa menggunakan ambulance ke Rumah Sakit Ahmad Muchtar Bukittinggi.

Sebelumnya, di wilayah Sumatera Barat yaitu di Kabupaten Agam, Kabupaten Tanah Datar, dan Kota Padang Panjang telah terjadi banjir lahar dingin dari gunung Marapi yang disertai dengan curah hujan yang tinggi sehingga mengakibatkan banjir bandang dan membuat jalan terputus dan rusak berat serta mengakibatkan puluhan korban jiwa.

Dengan membawa perlengkapan seperti kendaraan truk, perahu karet, motor tempel, troli gandeng dan berbagai perlengkapan lain pendukung tim di lapangan, kekuatan Satgas Gulben yang dikirim oleh TNI AL berjumlah 16 personel yang akan bersiaga untuk membantu proses evakuasi hingga keadaan kembali normal.

Dalam berbagai kesempatan, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menyampaikan kepada seluruh jajaran untuk senantiasa meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan sekitar, serta kehadiran TNI AL diharapkan dapat membantu permasalahan masyarakat yang sedang dihadapi.

Related posts